Merangin Peringati Hari LH Sedunia 2020

Jangan Lupa Berbagi

Kabupaten Merangin Peringati Hari Lingkungan Hidup (LH) Sedunia 2020


Inilah Jambi – Kabupaten Merangin memperingati hari Lingkungan Hidup (LH) sedunia 2020. Acara yang berlangsung sederhatan itu, dipusatkan di Ujung Tanjung, Sungai Batang Merangin, Kamis (08/10).

Pada acara yang dihadiri Forkopimda dan sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Merangin tersebut, Plt Bupati Merangin H Mashuri dalam sambutannya membacakan pidato Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Hj Siti Nurbaya.
Pidato setebal 10 halaman itu, mengajak seluruh lapisan masyarakat, untuk selalu melindungi dan melestarikan keanekaragaman kekayaan khayati Indonesia dan pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan.
Indonesia jelas Mashuri , merupakan rumah bagai sejumlah besar spesies flora dan fauna yang kaya akan sumber daya genetic dengan tipe ekosistem berlimpah. Tercatat bahwa Indonesia memiliki 720 spesies mamalia, 1.605 spesies burung,
Selain itu sebanyak 409 spesies amfibia, 723 spesies reptil, 1.900 spesies kupu-kupu, 197.964 spesies invertebrate, 3.982 spesies hymenoptera menghuni ekosistem daratan dan laut Indonesia.
‘’Dalam hal keanekaragaman flora, Indonesia telah mengindentifikasi 91.251 jenis tumbuh-tumbuhan berspora dan 19.232 spermatophyta dari sekitar 30.000-40.000 yang ada di Indonesia,’’ jelas Plt Bupati.
Peringatan hari lingkungan hidup sedunia itu, diakhiri dengan penanaman bibit pohon di Bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Batang Merangin dan menabur benih ikan jenis Semah dan Gurami oleh Plt bupati dan Forkopimda di Sungai Batang Merangin.
‘’Mudah-mudahan pohon yang kita tanam ini cepat membesar, sehingga berfungsi menjadi pohon pelindung dan benih ikan yang kita tebar juga cepat besar bermanfaat bagi masyarakat Merangin,’’ harap Mashuri.
Aksi menanam sejuta pohon itu doiharapkan Plt bupati, hendaknya dilanjutkan oleh seluruh elemen masyarakat, sehingga  kedepan Merangin akan semakin hijau dengan pohon pelindung.

Mashuri Tinjau Lokasi Pemakaman Pasien Covid-19


Inilah Jambi – Plt Bupati Merangin Mashuri bersama Dandim 0420/Sarko  Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis dan Wakapolres Merangin Kompol Eddy Inganta, meninjau lokasi pemakaman pasien suspect Covid-19, Rabu (30/9).

Lokasi pemakaman yang ditinjau Mashuri juga bersama sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait itu, lokasinya di belakang Taman Makam Pahlawan Patriot Bhakti Merangin.

‘’Lahan ini luasnya sekitar empat hektar. Lokasi ini merupakan Pemakaman ASN dan Pemakaman umum yang belum terisi. Kita telah tetapkan lokasi ini sebagai pemakaman pasien suspect Covid-19,’’ ujar Plt Bupati.

Disekeliling lokasi pemakaman tersebut lanjut H Mashuri, telah dikelilingi oleh kebun sawit milik warga. Lokasinya dianggap pas untuk pemakaman pasien suspect Covid-19, karena jauh dari pemukiman warga.

‘’Nanti kita turunkan alat berat untuk meratakan lokasi pemakaman ini. Jadi pasien suspect Covid-19 yang meninggal dunia atas persetujuan keluarganya, sudah bisa dimakamkan di lokasi ini,’’terang Mashuri.

Para pimpinan OPD yang turut hadir memantau lokasi pemakaman pasien suspect Covid-19 itu, Kadis Kesehatan Abda’i, Kadis Ketahanan Pangan Selamet dan Kadis Perkim Sardaini.

Baca juga:

 

(rdc/hms)
Jangan Lupa Berbagi
SAKSIKAN VIDEO DI BAWAH INI: Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021-2022 Yayasan Jami' Al Falah Jambi
SOROTAN