Bau ‘Buntang’ Menyengat dari Limbah Pasar Modern Kebun Handil

Inilahjambi, KOTA JAMBI – Bau busuk merebak di kawasan Simpang 3 PGRI, Jalan Guru Muchtar hingga ke DI Panjaitan, Kota Jambi. Bau ini semakin menyengat hidung saat hari panas.

“Iya, baunya memang seperti bau ‘buntang’ (bangkai hewan), tapi ini agak lain,” kata Hasan, ojek yang biasa mangkal di simpang itu, Sabtu.

Menurut Wawan, warga yang membuka usaha di kawasan itu sepanjang hari, sumber bau itu berasal dari got/drainase yang diatasnya terdapat belasan pembuat plat modifikasi berjualan.

Inilahjambi memantau kondisi got, ternyata terdapat limbah cair yang berwarna hitam agak kemerahan, terus mengalir hingga ke DI Panjaitan (depan Kantor Pos dan Sabang Raya).

Mengikuti sumber cairan ke Hulu, ternyata cairan berasal dari Pasar Kebun Handil, tepatnya dari kios daging di bagian belakang pasar tersebut.

Di kawasan ini pun sebenarnya berbau busuk. Bau limbah cair dari sisa pencucian daging, ikan dan ayam yang masih melekat darah.

Menurut Wawan, bau ini sebenarnya sangat menganggu. Tapi dia tida dapat berbuat apa-apa. tidak tahu harus mengadu kemana. Akibatnya, tidak sedikit pelanggan yang menjauh dari lokasi itu, ketimbang berlama-lama memilih dagangannya.

Wawan berharap, Pemerintah Kota Jambi menanggulangi persoalan itu, sehingga warga sekitar menjadi nyaman.

Hasanuddin, warga lainnya, menilai ada yang tidak beres dengan saluran pembuangan pasar tersebut, sehingga limbah cair tersebut sampai bocor kemana-mana.

“Memang airnya mengalir ke got, tapi baunya kemana-mana. Saya curiga ada yang tidak beres dengan saluran pembuangan pasar itu. Ini sudah menyalahi analisis dampak lingkungan. Seharusnya limbah cair ini tidak diperbolehkan mask ke saluran umum,” katanya.

Dia minta pihak terkait menyelidiki ini. Sebab, limbah ini sudah sangat menganggu warga.

“Ini sudah bertahun-tahun. Pejabat yang lalu-lalang naik mobil mana tahu, mana mereka mencium baunya. Tapi yang pakai motor atau jalan kaki tahu ‘pahit’ sekali baunya,” tukan dia.

Hingga berita ini diturunkan Inilajambi sedang berusaha mengonfirmasi pengembang Pasar Kebun Handil, Dinas Pasar dan Dinas Kebersihan Kota Jambi.

 
(Zalman Irwandi)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.
SOROTAN
error: OPPPS, MAU NGAPAIN? Konten ini dilindungi !!