PW Pemuda Muhammadiyah Tegaskan Netralitas di Pilkada Jambi

Pemuda Muhammadiyah

Prosesi pengukuhna pengurus PWPM Provinsi Jambi masa bakti 2019-2023

PW Pemuda Muhammadiyah Tegaskan Netralitas di Pilkada Jambi

Baca juga:

Inilah Jambi – Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah menegaskan akan netral di pilkada tahun 2020 ini. Termasuk pada pemilihan gubernur (pilgub) dan bupati/walikota di Jambi September mendatang.

Pernyataan itu juga disampaikan Ketua Pengurus Wilayah Pemuda Muhammadiyah Provinsi Jambi Heri Kusnadi dalam pidato pelantikan PWPM Provinsi Jambi dan 11 pengurus kabupaten/kota se Provinsi Jambi, Minggu malam di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi.

“Demi menjaga netralitas Pemuda Muhammadiyah Provinsi Jambi, saya sampaikan bahwa Pemuda Muhammadiyah independen dalam politik praktis, tidak ada berpihak pada calon tertentu. Tapi, kami memberi kesempatan kepada kader terbaik Pemuda Muhammadiyah Provinsi Jambi untuk ikut berkotribusi dalam kontestasi Pemilihan Gubernur Provinsi Jambi 2020,” katanya.

Mantan Ketua Pengurus Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Sungaipenuh itu, meminta jajaran pengurus yang baru dikukuhkan untuk berikhtiar keras. Mensolidkan gerakan–demi tegaknya tujuan Muhammadiyah–, yang menjunjung tinggi ajaran Islam.

“Fokus kita dalam empat tahun kedepan adalah pengkaderan,”katanya.

Surat Keputusan (SK) 33 pengurus Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Provinsi Jambi itu bertarikh 27 Februari 2020. Diterbitkan langsung Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Sunanto dan Sekretaris Jenderal Dzulfikar Ahmad Tawalla.

Dr Elviandri, Ketua PP Pemuda Muhammadiyah bidang Dakwah dan Pengkajian Agama itu didaulat membacakan SK pengurus PWPM masa bakti 2019-2023 tersebut.

Sementara, Supala, Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Bidang Kader itu mewakili Ketua Sunanto alias Cak Nanto mengukuhkan Heri Kusnadi sebagai Ketua PWPM, Adyan Coga Guci sebagai Sekretaris dan 33 jajaran PWPM.

Pengukuhan juga disaksikan Bendahara V PP Pemuda Muhammadiyah Rocky Candra dan Sekretaris PP Pemuda Muhammadiyah Bidang Hubungan Luar Negeri Emaridial Ulza.

“Suatu kebanggan bagi kami. Pada pelantikan kali ini dihadiri langsung 4 Pimpinan Pusat. Ini sangat luar biasa. Kami amat bahagia atas support itu,” tegas Heri Kusnadi, diiringi gemuruh tepuk tangan.

Heri akan memboyong Pemuda Muhammdiyah Jambi berperan aktif dalam menciptakan demokrasi yang sejuk, jujur dan damai.

“Namun kami siap memberi kritikan kepada siapapun terutama pemangku kebijkan. Tentu, jika terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan prinsip demokrasi dan prinsip keadilan,” ujarnya.

Pemuda Muhammadiyah Provinsi Jambi memiliki 11 Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah yang tersebar di Kota dan Kabupaten di Provinsi Jambi.

PWPM akan mendorong seluruh PD PM untuk membentuk PC PM disetiap kecamatan, ini bentuk dari dakwah struktural internal Pemuda Muhammadiyah Provinsi Jambi.

Ancang-ancang Heri kedepan, akan menggeber 1.000 apel Kokam di Provinsi Jambi, 10 Ribu Pemuda Muhammadiyah di Provini Jambi.

“Sekarang kami sedang menggalakan perkaderan setiap cabang dan daerah seprovinsi jambi. Saya harapkan terutama Gubernur Jambi untuk mensuppor dan membantu secara moril dan materil dalam kegiatan pemuda Muhammadiyah Provinsi Jambi Kedepan,”katanya.

Berpidato tanpa teks, Rocky Candra, mewakili Ketua Umum Cak Nanto berharap pengurus PWPM yang baru dilantik itu secepatnya bekerja. Jangan terlena.

“Siapkan program kerja dan teruslah bergerak,”sarannya.
Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi itu mengingatkan PWPM Jambi untuk lebih cerdas membaca peluang, terutama di era digital 4.0 itu.

“Jangan sampai dakwah Pemuda Muhammadiyah ketinggalan zaman,”katanya.

Sejumlah senior Pemuda Muhammdiyah turut hadir dalam pengukuhan malam itu. Terlihat seperti Mukhtaridi, Ketua PWPM Provinsi Jambi periode lalu.

Mukhatridi dalam sambutannya mengingatkan PWPM untuk terus menebarkan dakwah islam, seperti jati diri Muhammadiyah sebagai gerakan Islam tajdid.

Bakri, Ketua DPW PAN Provinsi Jambi sekalius anggota DPR RI Komisi V juga turut hadir.

Dulu, Bakri pernah aktif di IMM. Hadir pula Kepala Kesbangpol Mukti Said, yang juga pernah aktif di IMM, semasa mahasiswa.

Hadir pula Ria Mayang Sari, anggota DPD RI dari Dapil Jambi.
Mayang mengapresiasi pengukuhan pengurus PWPM masa bakti 2019-2023 itu dan berharap ikut berperan dalam membangun daerah.

Sementara, Gubernur Jambi yang diwakili Asisten II Bidang Pembangunan Agus Sunaryo, dalam sambutannya mengklaim bersiap mensuppor semua kegiatan pemuda, termasuk Pemuda Muhammadiyah.

“Pemuda Muhammadiyah sebagai salah satu tulang punggung dan jangkar NKRI. Sebagai pemerintah, kami siap mensuport dan bersinergi,”katanya.

(*/)

INFORIAL