Sun. Aug 25th, 2019

Ribuan Pelamar CPNS 2018 di Jambi, Tidak Lolos Bahan

Inilahjambi.com — Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 melalui link sscn.bkn.go.id telah berakhir Pada Pukul 00.00, Senin 15 Oktober 2018. Masa pendaftaran tersebut telah dilaksanakan sejak 26 September hingga 15 Oktober. Ribuan pelamar tak lolos bahan.

Melansir dari serujambi.com (mitra inilahjambi.com), Husairi, Kepala BKD Provinsi Jambi mengatakan, ada sekitar 4.000-an pelamar yang mengikuti tes CPNS Pemprov Jambi 2018. “Tes bahan sudah ditutup. Soal lolos tidak lolos bahan baru pekan depan bisa diumumkan,” ungkap Husairi, kepada Serujambi.com.

Soal pelaksanaan tes tertulis -sekarang memakai sistem computer asissted test (CAT)-, akan dilaksanakan akhir bulan Oktober. Untuk lingkup Pemprov Jambi, akan diadakan di balai sosial depan Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Jambi, Pattimura, Kota Jambi.

Di Merangin, Zairi, Kepala Bidang Kepegawaian (BKPSDM) Kabupaten Merangin menjelaskan, Pendaftar CPNS 2018 Merangin mencapai 6.100 pendaftar.

“Sepertinya, dari sekian banyak pendaftar, hanya 80 persen yang bakal lolos ke tahap CAT. 20 persennya gagal,” jelasnya.

“Berkisar 1.500 pendaftar yang gagal. Jumlah pastinya belum bisa dikeluarkan. Karena, tanggal 21 Oktober  final untuk seleksi bahan pendaftar,” tambahnya.

Zairi juga menuturkan, Ujian CAT nantinya akan digelar pada 26 Oktober di sekolah yang telah ditentukan.

“Mungkin, pelayanan dalam waktu ujian nantinya akan diambil alih oleh pihak sekolah,” pungkasnya.

Sementara, di Kabupaten Muarojambi, pelaksanaan tes akan dilaksanakan di SMA Titian Teras. Sementara, pelamar yang sudah masuk bahan mencapai 5.000-an.

Lalu tes CPNS di Tebo, laman Portaltebo.id (media partner Inilajambi.com) melaporkan, dari 6.146 pelamar CPNS Kabupaten Tebo yang melakukan registrasi peserta melalui laman BKN, 328 di antaranya secara otomatis dinyatakan gugur.

Pasalnya, ratusan pelamar tersebut tidak menyerahkan berkas kepada panitia CPNS Tebo. “Dari 6.146 pelamar yang melakukan registrasi hanya 5.818 pelamar yang menyerahkan berkas. Secara otomatis 328 peserta gugur sebelum verifikasi,” ujar Kepala BKPSDM Kabupaten Tebo melalui Kepala Bidang Kepegawaian, Suwarto.

Warto membeberkan, dari jumlah berkas yang masuk tersebut, untuk formasi guru sebanyak 2.261 berkas, formasi kesehatan 2.300 berkas, formasi tekhnis sebanyak 1.239 berkas. Sedangkan Honorer Katagori II sebanyak 18 berkas. “Jadi yang tidak menyerahkan berkas kita anggap gugur, “singkat Warto.

Diketahui, tahun 2018 ini Kabupaten Tebo memperoleh kuota penerimaan CPNS sebanyak 117 formasi. Dari jumlah tersebut dibagi dalam 4 bagian, yaitu, eks honorer kategori II sebanyak 21 formasi, tenaga guru 81 formasi, tenaga kesehatan 55 formasi, dan tenaga tekhnis 20 formasi.

Sudah dibagikan