Fri. Apr 26th, 2019

Terkuak Alasan Zumi Zola Tidak Banding Putusan Hakim

Zumi Zola/Vivanews.com

Inilahjambi – Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola menerima putusan hakim pengadilan tipikor yang menjatuhkan hukuman 6 tahun penjara dan denda Rp500 juta. Zola juga dicabut hak politknya selama 5 tahun pasca bebas dari penjara.

Pada 14 Desember 2018, KPK juga menjebloskan Zola ke Lapas Klas 1 Sukamiskin, Bandung Jawa Barat. KPK juga tidak melakukan banding putusan hakim itu. KPK menerima vonis atas Zola. Artinya putusan pengadilan terhadap Zumi Zola sudah inkrach.

Baca juga: Zola Minta KPK Segera Tetapkan 53 Anggota DPRD Provinsi Jambi Sebagai Tersangka

Kuasa hukum Zumi Zola, Handika Honggowongso menyebutkan alasan pihaknya tidak melakukan banding, karena menilai putusan majelis hakim terhadap Zola sudah adil dan dengan pertimbangan hukum yang benar.

“Alasan Zola menerima putusan karena amar dan petitum putusan majelis hakim terhadap Zola sudah adil dan dengan pertimbamgan hukum yang benar. Lagian nanti kalau banding malah bisa tambah berat hukumannya,” ujarnya, Minggu 16 Desember 2018, dikutip sindonews.com.

Baca lagi: Zola Divonis, KPK Mulai ‘Garap’ Kasus Suap DPRD Jambi

Menurut Handika, eksekusi terhadap Zola di Lapas Sukamiskin oleh KPK dilakukan karena putusannya sudah berkekuatan hukum tetap (inkracht).

“Putusan menjadi inkracht karena Zola dan juga Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada KPK menerima putusan,” pungkasnya.

Baca lagi: 

Zumi Zola Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin

 

Sumber berita

Sudah dibagikan