Tiga LSM di Jambi Ini Terima Dana Asing untuk Pencegahan Karhutla

Inilah Jambi

Inilah Jambi

Bagikan:

Tiga LSM di Jambi Ini Terima Dana Asing untuk Pencegahan Karhutla


Inilah Jambi – Konsorsium LSM lingkungan (NGO) di Jambi akan menerima dana bantuan dari lembaga pengumpul donor Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) guna pencegahan kebakaran hutan dan lahan gambut di Jambi.

Konsorsium tersebut terdiri dari tiga LSM atau NGO lokal Jambi, yakni Gita Buana, Mitra Aksi dan YLBHL. Sementara dana asing yang disalurkan untuk konsorsium tersebut berasal dari Inggris.

Menurut Dubes Inggris, Moazam Malik, pihaknya memberikan bantuan sebesar 3 Juta poundsterling bagi lima provinsi di Indonesia yang masuk dalam prioritas restorasi gambut dan pencegahan kebakaran di lahan gambut. Salah satu provinsi yakni Jambi.

Dana asing tersebut tidak diberikan kepada Pemda, melainkan kepada NGO melalui konsorsium, atau kumpulan LSM.

“Dana disalurkan melalui ICCTF ke konsorsium NGO lingkungan. Kami siap menyalurkan dana lebih besar lagi,” kata Moazam Malik saat konferensi pers di Hotel Swis Bell, Jambi, Senin 13 Maret 2017.

Baca dulu ini:

Sumber inilahjambi di ICCTF mengatakan, mekanisme penyaluran dana bantuan tersebut diberikan melalui penilaian proposal yang dikirimkan NGO.

“Mereka mengirimkan proposal. Nanti akan diverifikasi oleh expert (ahli) yang terdiri dari pakar di bidang gambut (lingkungan). Jika dinilai layak, maka dana akan segera disalurkan. Ini khusus untuk lahan gambut dan isu-isu perubahan iklim (climate change),” kata sumber tersebut.

Dari 3 juta poundsterling bantuan Inggris tersebut, akan disalurkan ke lima provinsi. Namun dia tidak menyebutkan berapa bagian masing-masing konsorsium.

“Itu tergantung proposal dan wilayah kerja mereka. Jadi masing-masing NGO tidak sama,” ujarnya.

Jaya Nofyandri, Direktur YLBHL, yang juga ketua konsorsium, mengaku menerima dana sebesar Rp 4 miliar untuk berbagai kegiatan pencegahan kebakaran hutan di Jambi.

“Ada beberapa item kegiatan, nilainya mencapai Rp4 miliar. Nanti akan digunakan untuk sosialisasi pencegahan kebakaran hutan. Wilayah kerja kami yakni enam desa di Tanjung Jabung Timur,” kata Jaya, dikonfirmasi inilahjambi, Selasa 14 Maret 2017 melalui sambungan telepon.

Duta Besar Inggris dalam kunjungannya ke Jambi, Senin 13 Maret 2017, menyempatkan diri untuk meninjau lahan HPL yang dikelola petani yang terbakar tahun 2015 lalu di Desa Bukit Bunuan, RT 16 Kecamatan Jaluko, Muarojambi.

(Nurul Fahmy)

Bagikan:
SOROTAN