Gempa Sekuat 6 SR Landa Donggala Sulteng, Korban Jiwa Mulai Berjatuhan

Sumber:detik.com

Inilah Jambi

Inilah Jambi

Jangan Lupa Berbagi

Gempa Sekuat 6 SR Landa Donggala Sulteng, Korban Jiwa Mulai Berjatuhan


Inilah Jambi – Gempa berkekuatan 6 skala Richter (SR) di Donggala, Sulawesi Tengah, mengakibatkan satu orang tewas dan 10 orang luka-luka.

Informasi ini disampaikan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran pers, Jumat 28 September 2018.

“Gempa dirasakan sangat keras terjadi di Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala, karena dekat dengan pusat gempa. Beberapa rumah roboh dan rusak akibat gempa. Masyarakat panik dan berhamburan ke luar rumah,” kata Sutopo.

Gempa ini mengguncang selama 2-10 detik, dilanjutkan dengan beberapa kali gempa susulan. Selain menimbulkan 1 korban tewas dan 10 korban luka-luka, puluhan rumah rusak.

“Korban tertimpa oleh bangunan yang roboh,” kata Sutopo.

Evakuasi korban dilakukan petugas. Pendataan dan penanganan darurat masih dilakukan. Sebagian masyarakat masih berada di luar rumah. Gempa susulan masih berlangsung.

Gempa tektonik itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Pusat gempa terletak pada koordinat 0,40 LS dan 119,81 BT, yakni di darat pada jarak 2 km utara Kota Donggala, Kabupaten Donggala, Sulteng. Kedalamannya 10 km.

Baca juga:

RSUD Abdul Manap Kota Jambi Terlantarkan Pasien Korban Gempa Palu-Donggala?

Baca juga:

Inilah Jambi – Korban gempa bumi yang disusul tsunami di Palu dan Donggala mengalami nasib naas di Kota Jambi. Pihak Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Manap Kota Jambi diduga menelantarkan keluarga tersebut sejak Selasa malam 9 Oktober 2018 hingga Rabu siang 10 Oktober 2018.

Anak bungsu keluarga dengan 4 jiwa asal Mendahara Tengah, Tanjab Barat ini terpaksa hanya dirawat di Unit Gawat Darurat rumah sakit tersebut sejak pagi tadi. Bahkan Riska (4),  anak pasangan Salma dan Aspin yang mengalami mencret dan lemas tidak mendapatkan penanganan semestinya di kamar perawatan baca selengkapnya 

***

Jangan Lupa Berbagi
SAKSIKAN VIDEO DI BAWAH INI: Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021-2022 Yayasan Jami' Al Falah Jambi
SOROTAN