India Produksi Vaksin Corona, September Akan Tersedia di Pasaran Seharga Rp200 Ribuan

India Produksi Vaksin Corona, September Akan Tersedia di Pasaran Seharga Rp200 Ribuan

Baca juga:

Inilah Jambi – Serum Institute of India memprediksi pihaknya berhasil memproduksi vaksin corona virus Covid-19.

Vaksin itu akan tersedia di pasar pada awal September 2020. Harganya berkisar 1.000 rupe atau setara Rp 200 ribuan.

Dikatakan Chief of Serum Institute of India, Adar Poonawalla, pihaknya sedang bekerja sama dengan peneliti Universitas Oxford Inggris dan peneliti AS untuk menghasilkan vaksin corona.

“Ini adalah yang kami harapkan. Kami berharap produksi vaksin dimulai akhir Mei sehingga pada saat uji coba selesai pada bulan September, vaksin juga sudah tersedia untuk India dan dunia, tidak menunggu 6 bulan untuk membuat vaksin,” ujar Adar Poonawalla dilansir NDTV Selasa 28 April 2020. NDTV adalah jaringan televisi terbesar di India yang berdiri sejak 1988.

Adar Poonawalla juga menanggapi soal pernyataan banyak ilmuwan bahwa vaksin akan ada di pasar minimal 18 bulan hingga 2 tahun. Menurutnya itu adalah pemikiran mereka sebelumnya.

“Kami sendiri mengatakan produksi vaksin akan memakan waktu hingga 2021 dengan Codagenix dan Mitra AS lainnya. Tetapi yang terjadi setelah itu berbeda. Seminggu yang lalu, kami kerja sama dengan Universitas Oxford yang [vaksinnya] telah banyak berkembang dan sudah diujicobakan ke manusia,” tambah Adar Poonawalla.

Adar Poonawalla menambahkan terlalu dini untuk mematok harga vaksin corona. Namun, Ia memperkirakan harganya sekitar 1.000 Rupe India (Rp 202 ribu).

Informasi saja, vaksin corona buatan Universitas Oxford sudah sukses diujicobakan ke hewan monyet. Sejak minggu lalu, vaksin ini diujicobakan ke manusia dan menargetkan vaksin akan ditemukan pada September 2020.

 

(*/)

HOT NEWS