Inilah…3 Hal yang Harus Diwaspadai Saat Online

Inilahjambi – Kayaknya, di zaman yang serba modern gini, banyak banget kegiatan yang bisa kita lakukan via online. Upload sana sini, log in berbagai akun media sosial, belanja di instagram, dan masih banyak lagi.

Nah, ternyata semua hal yang gampang banget tersebut bisa jadi “malapetaka” loh buat kita. Masa sih? Yuk, intip hal-hal yang harus diwaspadai saat online dan cara pencegahannya menurut Kaspersky (baca: kes-per-ski) di acara Launching Press Conference Kaspersky Anti Virus dan Kaspersky Internet Security 2016 di Anomali Coffee di daerah Menteng.

Ini dia 3 hal yang harus diperhatikan, Guys!

Hati-hati saat melakukan transaksi online

Belanja online emang paling enak ya. Kita gak perlu keluar rumah, tinggal liat di internet, terus beli dan lakukan transaksi via online. Tapi, dibalik kemudahan tersebut, ternyata, banyak penjahat yang gak kita sangka yang dapat membahayakan uang dan rekening kalian loh!

Banyak situs yang dibuat persis seperti website tempat kalian belanja atau transaksi online. Secara kasat mata, kalian hampir pasti gak bakal sadar deh kalau itu website palsu. Sekali lagi, waspada diperlukan banget soal ini, liat dulu domain websitenya, kalo udah sama persis kayak website resmi, silakan. Tapi kalau nggak, bukan nggak mungkin itu website palsu alias abal-abal.

Jangan sembarangan log in akun sosmed

Nah, kalo ini cukup sering terjadi dan akibatnya buruk buat kalian, log in akun sosmed di komputer sembarang, misalnya warnet. Banyak banget hacker yang dengan mudahnya meretas akun sosmed kalian dari komputer umum yang bisa digunakan banyak orang. Bahaya kan!

Cara mencegahnya gampang banget kok, kalian tinggal log out secara benar dan hapus semua history di komputer tempat kalian pakai sebelumnya.

Awas foto-foto pribadi kalian tersebar luas

Foto pribadi yang udah kalian simpan dengan aman, ternyata tersebar? Bahaya banget kan, nanti foto pribadi kalian dilihat sama temam-teman, keluarga, dan bahkan orang yang gak kalian kenal, nggak enak kan? Kalo fotonya Cuma bergaya alay aja sih nggak masalah, tapi kalo fotonya, ehm, “pribadi”, rusak pasti reputasi kita. Contohnya kayak kasus Jennifer Lawrence yang sempat booming banget beberapa waktu silam.

Kalo yang ini, cara paling ampuh untuk mencegahnya sih, jangan unggah foto-foto pribadi kalian. Yang disimpan di handphone kalian sendiri aja bisa tersebar, apalagi di akun sosmed atau media online lainnya, banyak banget penjahatnya!

Udah tau kan apa aja bahaya dan cara mencegahnya? Silakan dilakukan demi keamanan kalian sendiri, Guys! (ij-ono)

sumber : HAI online

Bagikan
HOT NEWS