Ponsel Tanpa Baterai Sudah Bisa Dijajal

Inilahjambi – Peneliti dari Universitas Washington baru-baru ini menemukan cara membuat ponsel tanpa baterai. Walau ponsel tersebut masih berupa prototipe, fungsinya sudah bisa dijajal.

Ponsel tanpa baterai tersebut masih tanpa casing, hanya berupa papan sirkuit yang terhubung dengan earphone. Konsumsi dayanya seperti dikutip KompasTekno dari Slashgear, Senin 10 Juli 2017, hanya sebesar 3,5 microwatt.

Daya tersebut diperoleh dari sel surya yang ukurannya tak lebih dari sebutir beras. Sel tersebut mengumpulkan cahaya dan sinyal radio sekitar dan mengubahnya menjadi daya listrik. Sinyal ponsel didapat dari BTS khusus yang jaraknya sekitar 15 meter.

Menurut para peneliti, konversi audio analog menjadi digital adalah bagian yang mengonsumsi daya tinggi dalam ponsel.

Untuk mengatasinya, prototipe ponsel menggunakan mikrofon dan speaker yang memiliki getaran kecil untuk mengubah sinyal masuk dan keluar.

ponsel tanpa baterai ini tidak memiliki layar, hanya sebuah tombol sentuh kapasitif utnuk menekan nomor telepon. Telepon itu bisa terhubung dengan Skype.

Ponsel tanpa baterai ini tidak bisa mengirim dan menerima suara secara bersamaan, sehingga fungsinya mirip handy-talky (HT), pengguna harus menekan dan menahan tombol untuk berbicara atau mendengar suara.

Prototipe ini akan terus dikembangkan, seperti menambah layar e-ink ke dalam ponsel dan enkripsi untuk menambah keamanan.

Ke depannya, BTS-BTS milik ponsel tanpa baterai ini diharapkan bisa dipasang di BTS operator seluler atau router WiFi, sehingga jangkauannya semakin luas.

 

 

(Sumber: tekno.kompas.com)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

SOROTAN
error: OPPPS, MAU NGAPAIN? Konten ini dilindungi !!