Wow, Majunya Singapura Karena Pria Asli Bukittinggi ini

Inilah Jambi

Inilah Jambi

Wow, Majunya Singapura Karena Pria Asli Bukittinggi ini


Inilah Jambi – Lagu kebangsaan negara Singapura “Majulah Singapura” ternyata diciptakan oleh komponis berdarah Minangkabau, Indonesia, kelahiran Bukittingi (Fort de Kock) 22 Juli 1907.

Dia Zubir Zaid. Nama seniman ini sangat dikenal rakyat Singapura. Zubir meninggal di Singapura dalam usia 80 tahun, tepatnya pada 16 November 1987.

Uniknya, lagu kebangsaan Singapura diciptakan oleh Zubir jauh sebelum negara ini merdeka. Singapura merdeka pada tahun 1965. Sementara lagu “Majulah Singapura” diciptakan pada tahun 1958.

Tak hanya menciptakan lagu “Majulah Singapura”, tapi juga menciptakan lagu resmi hari Anak Singapura, yaitu “Semoga Bahagia”.

Zubir dikenal sebagai musisi otodidak. Sejak kecil memang suka musik. Pria berjuluk “komponis dengan jiwa Melayu sejati” ini telah menggubah lebih dari 1.500 lagu. Namun hanya 1.000 lagu yang telah dipublikasikan.

Saat berusia 21 tahun, Zubir memutuskan merantau ke Singapura. Di Negeri Singa itu, dia menjadi musisi bersama kelompok opera Melayu City Opera. Berbagai prestasi ditorehkan oleh Zubir.

Pada tahun 1990, kehidupan Zubir didokumentasikan dalam sebuah buku berjudul “Zubir Said: His Songs”. Empat belas tahun kemudian, patung Zubir yang terbuat dari perunggu dipajang di Taman Warisan Melayu, Singapura.

Baca juga:

(Olivia Admira)

***

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan sumber dengan link berita terkait, bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita ini. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.
SOROTAN
error: OPPPS, MAU NGAPAIN? Konten ini dilindungi !!